Sistem Pemboran (Drilling System)

Published by Priant Taruh on Juli 28, 2016
Operasi pemboran merupakan suatu kegiatan yang terdiri dari beberapa tahapan – tahapan kegiatan.Sebelum operasi pemboran dapat terlaksana,pertama – tama yang perlu dilakukan adalah apa yang disebut dengan tahapan persiapan.tahapan persiapan ini pun terdiri dari beberapa tahapan mulai dari persiapan tempat,pengiriman peralatan pada lokasi,penunjukkan pekerja sampai pada persiapan akhir.

Bila seandainya tempat untuk lokasi pemboran yang diperkirakan ada cadangan minyak atau gas yang cukup potensial dan tempat tersebut masih merupakan suatu tempat yang dianggap liar maka dengan sendirinya kita perlu membuat tempat tersebut menjadi tempat yang memungkinkan terlaksananya operasi pemboran.

Pada operasi pemboran,biasanya peralatan yang dipakai dibagi – bagi kedalam beberapa system.pembagian system – system yang umum dilakukan dalam industri perminyakan adalah sebagai berikut :


Sebagian besar daya yang tersedia pada rig digunakan oleh hoisting system dan circulating system. sistem lainnya lainnya hanya sedikit mengkonsumsi daya yang tersedia.

Rig modern sumber penggeraknya biasanya berasal dari internal – combustion diesel – engine dan secara umum diklasifikasikan menjadi : diesel – electric type dan direct – drive type.semuanya tergantung pada metode yang digunakan untuk mentransmisikan daya tersebut keberbagai system dalam rig.power system perlu dicek juga untuk memastikan prime mover,motor – motor cadangan atau pembantu dan mesin – mesin dapat dioperasikandengan baik.selain itu dicek pula kabel – kabel dan system pendistribusiannya apakah telah tersambung dengan baik.


Fungsi dari hoisting system adalah menyediakan fasilitas untuk mengangkat, menahan dan menurunkan drillstring,casing string dan perlengkapan bawah permukaan lainnya dari dalam sumur dan keluar sumur.komponen – komponen utama dari hoisting system adalah : derrick dan substruktural,block dan tackle,drawwork.

Dua jenis kegiatan rutin yang sering menggunakan peralatan hoisting system pada saat operasi pemboran adalah : 

- Pelaksanaan penyambungan rangkaian string (making connecting ).melaksanakan penyambungan berhubungan dengan proses penambahan sambungan baru pada drillpipe untuk penembusan yang makin dalam.

- Melaksanakan trip (making trip).melakukan trip adalah berhubungan dengan proses pencabutan drillstring dari lubang bor untuk mengganti kombinasi dari peralatan bawah permukaan (bottom hole assembly) dan kemudian menurunkan kembali kedalam sumur pemboran.trip biasanya dilakukan untuk mengganti bit yang sudah mulai tumpul.

3. Sistem Putar (Rotating System)

Rotary system termasuk semua peralatan yang digunakan untuk mentransmisikan putaran meja putar ke bit.Bagian utama dari rotary system adalah :

- Swivel : berfugsi sebagai penahan beban drillstringdan bagian statis yang memberikan drillstring berputar.

- Kelly : rangkaian pipa yang pertama dibawah swivel.Bentuk potongan dari Kelly dapat berupa segi empat atau segi enam sehingga akan mempermudah rotary table untuk memutar rangkaian dibawahnya.torsi ditransmisikan ke Kelly melalui Kelly bushing yang terletak didalam master bushing dan rotary table.kelly harus dipertahankan tetap setegak lurus mungkin.

- Rotary drive.
- Rotary table.
- Drill pipe dan drill collar.


Fungsi utama dari sistem sirkulasi adalah mengangkat serpihan cutting dari dasar sumur kepermukaan. 

Fluida pemboran umumnya berupa suspensi dari clay dan material lainnya dalam air yang sering disebut dengan fluida pemboran, aliran fluida pemboran melewati :
Mud Tank - Mud Pump - Stand Pipe - Kelly House - Drilling line (DP, HWDP, DC, dll) - Bit - Annulus - Flow Line - Conditioning Equipment (a,b,c,d) - Kembali ke Mud Tank. Conditiong Equpment :

a) SHALE SAKER
Fungsinya membersihkan Lumpur dari serpihan – serpihan atau cutting yang berukuran besar.

b) DEGASSER
Untuk membersihkan Lumpur dari gas yang masuk.

c) DESANDER
Untuk membersihkan Lumpur dari partikel – partikel padatan yang berukuran kecil yang bisa lolos dari shale shaker. 

d) DESILTER
Fungsinya sama dengan desander,tetapi desilter dapat membersihkan Lumpur dari partikel – partikel yang berukuran lebih kecil.

5. Sistem Pencegahan Semburan Liar  (BOP System)

BOP adalah peralatan yang di letakkan tepat diatas permukaan sumur untuk menyediakan tenaga untuk menutup sumur bila terjadi kenaikan tekanan dasar sumur yang tiba – tiba dan berbahaya selama atau sedang dalam operasi pemboran.jumlah ukuran dan kekuatan BOP yang digunakan tergantung dari kedalaman sumur yang akan dibor serta antisipasi maksimum terhadap tekanan reservoir yang akan dijumpai.

BOP system digunakan untuk mencegah aliran fluida formasi yang tidak terkendali dari lubang bor.saat bit menembus zona permeable dengan tekanan fluida melebihi tekanan hidrostatik normal maka fluida formasi akan menggantikan fluida pemboran.masuknya fluida formasi kedalam lubang bor sering disebut dengan kick.secara umum terdapat 2 type BOP,yaitu annular dan type ram.

Annular preventer Annular BOP didesain untuk menutupi disekeliling lubang sumur dengan berbagai jenis ukuran dan bentuk peralatan yang sedang diturunkan kedalam lubang bor,sehingga annular BOP ini dapat menutup annulus disukitar drillpipe, drillcolar dan casing,juga dapat mengisolasi sumur dalam kondisi open hole. Annular preventer berupa master valve yang umumnya ditutup pertama kali bila sumur mengalami well kick, karena kefleksibelankaret penutup untuk mengisolasi lubang bor. Ram preventer Dibagi menjadi empat type ram yaitu : 

- Pipe rams
Piperams didesain untuk menutup annulus disekeliling peralatan yang berupa drillpipe,tubing atau casing.penutup ini berupa dua block ram baja yang berbentuk semi circular yang di lengkapi dengan dua pasang karet isolasi.ram ini dapat menutup disekeliling DP,tubing,DC,kelly atau casing tergantung dari ukuran rams yang dipilih.

- Variable bore rams (VBR)
Pada operasi pemboran normal BOP rams harus diganti setiap perubahan drillpipe atau casing yang digunakan.VBR dikembangkan untuk menutup dan mengisolasi pada suatu range DP tertentu.fungsi dari VBR ini hampir sama dengan jenis pipe rams.

- Blind rams
Hampir mirip dengan pipe rams kecuali pecker diganti dengan pecker tanpa cutouts (lengkungan pipa).ram ini didesain untuk menutup dan mengisolasi lubang bor yang tanpa drillstring atau casing.

- Shear ram
Shear ram adalahblind ram yang dapat memotong pipa dan mengisolasi lubang dalam keadaan open hole.Hampir sebagian besar shear rams memerlukan 3000 psi untuk memotong pipa.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.