Binary Cycle Power Plant

Published by Priant Taruh on Agustus 16, 2016

BCPP (Binary Cycle Power Plant) menggunakan teknologi yang berbeda dengan teknologi dry steam dan flash steam. Pada BCPP air panas atau uap panas yang berasal dari reservoir kemudian di produksikan menggunakan sumur produksi (production well).

Brine panas bumi digunakan untuk memanaskan apa yang disebut dengan working fluid pada heat exchanger. Working fluid kemudian menjadi panas dan menghasilkan uap berupa flash. Uap yang dihasilkan di heat exchanger tadi lalu dialirkan untuk memutar turbin dan selanjutnya menggerakkan generator untuk menghasilkan sumber daya listrik. Uap panas yang dihasilkan di heat exchanger inilah yang disebut sebagai secondary (binary) fluid. 

Binary Cycle Power Plant ini sebetulnya merupakan sistem tertutup. Jadi tidak ada yang dilepas ke atmosfer. 

Keunggulan dari BCPP ialah dapat dioperasikan pada suhu rendah yaitu 90-1750C. Air panas maupun uap air yang keluar dari heat exchanger akan dikembalikan ke dalam perut bumi dengan cara diinjeksikan melalui sumur injeksi. Pembangkit ini menggunakan fluida kerja yang mempunyai titik kritis yang rendah sehingga pembangkit listrik tipe ini dapat memanfaatkan uap air, maupun air panas dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi.

Baca juga artikel panas bumi lainnya; Teknologi Panas Bumi (Geothermal)

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.