Injeksi Air (Water Flooding)

Published by Priant Taruh on Juli 23, 2017

Injeksi air merupakan salah satu metode EOR yang paling banyak dilakukan sampai saat ini. Proses penginjeksian air (water flooding) dari permukaan ke dalam reservoir minyak didasarkan pada kenyataan bahwa aquifer berperan sebagai media pendesak disamping berperan sebagai pengisi atau pengganti minyak yang terproduksi.

Pertimbangan lain dilakukannya injeksi air adalah bahwa sebagian besar batuan reservoir bersifat water wet (basah air), sehingga fasa air lebih banyak melekat pada batuan dan minyak akan terdesak dan bergerak ke tempat lain (sumur).

Injeksi air sukar dilakukan untuk reservoir minyak yang mempunyai viskositas lebih besar dari 200 cp, karena akan cenderung terjadi fingering yang berhubungan dengan mobilitas. Fingering juga akan terjadi pada reservoir yang heterogen.

Tujuan lain dari injeksi air adalah untuk megimbangi penurunan tekanan reservoir dengan menginjeksikan air ke dalam reservoir agar tekanan reservoir tetap stabil. Alasan-alasan sering digunakannya injeksi air yaitu :
  • Mobilitas yang cukup rendah
  • Air cukup mudah diperoleh
  • Berat kolom air dalam sumur injeksi turut menekan, sehingga besarnya tekanan injeksi yang perlu diberikan di permukaan dapat dikurangi. Berat air ini akan lebih menguntungkan apabila dibandingkan dengan injeksi gas
  • Air biasanya mudah tersebar ke seluruh reservoir, sehingga menghasilkan efisiensi penyapuan yang cukup tinggi
  • Efisiensi pendesakan air cukup baik.
Pelaksanaan injeksi air membutuhkan persediaan air yang cukup besar. Persediaan air dapat diperoleh dari air permukaan (danau, sungai, laut) ataupun bawah permukaan. Syarat-syarat air untuk injeksi antara lain:
  • Tersedia dalam jumlah yang cukup selama masa injeksi
  • Tidak mengandung padatan-padatan yang tidak dapat larut
  • Stabil secara kimiawi dan tidak mudah bereaksi dengan elemen-elemen yang terdapat dalam sistem injeksi dan reservoir.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.