Injeksi Gas Yang Diperkaya

Published by Priant Taruh on Juli 23, 2017

Injeksi gas yang diperkaya (enriched gas drive) merupakan usaha peningkatan recovery minyak sisa dalam pori-pori batuan reservoir dengan cara menginjeksikan gas alam kering (relatif lebih banyak metana) yang telah diperkaya dengan komponen menengah (propana, butana dan lain-lain).

Tipe pendesakan ini disebut juga condensing gas drive. Tekanan Miscibilitas pada Injeksi gas yang diperkaya dapat dipergunakan baik untuk reservoir jenuh maupun belum jenuh dengan berat jenis lebih besar dari 20 oAPI dan tekanan pendesakan lebih besar dari 1000 psia. Gas harus lebih diperkaya jika tekanan injeksi lebih rendah dari 1000 psi.

Pelaksanaan injeksi gas yang diperkaya ini lebih rumit dibandingkan injeksi gas kering pada tekanan tinggi. Proses pendesakan ini membutuhkan persediaan gas yang cukup selama proses injeksi, sedangkan biaya pengkayaan gas cukup mahal, akibatnya proses injeksi ini tidak dapat diterapkan pada semua reservoir.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.