Fungsi dan Bagian-Bagian Lantai Bor (Rig Floor)

Published by Priant Taruh on Oktober 10, 2017

Lantai bor (rig floor) adalah lantai yang ada di rig, lantai tersebut merupakan tempat dimana para crew melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan pemboran. Lantai bor memiliki bagian serta fungsi yang mendasari sehingga lantai bor digunakan.

Fungsi lantai bor:
  1. Sebagai tempat untuk meletakkan / menampung sebagian peralatan pemboran yang berukuran kecil.
  2. Tempat berdirinya menara.
  3. Mendudukan drawwork.
  4. Tempat driller dan rotary helper (roughneck).
Lantai bor penting dalam perhitungan kedalaman sumur karena titik nol pemboran dimulai dari lantai bor

Peralatan yang diletakkan di lantai bor:
  1. Rotary table : Memutar rangkaian pipa bor (drill pipe, drill collar, bit)
  2. Rotary drive : Meneruskan (memindahkan) daya dari drawwork ke  meja putar (rotary table).
  3. Drawwork : Merupakan “hoisting mechanism” pada rotary drilling rig.
  4. Drillers console : Merupakan pusat instrumentasi dari rotary drilling rig.
  5. Make-up and break-out tongs : Kunci-kunci besar yang digunakan untuk menyambung atau melepas bagian-bagian drill pipe dan drill collar.
  6. Mouse hole : Lubang dekat rotary table pada lantai bor, dimana drill pipe ditempatkan pada saat dilakukan penyambungan dengan kelly dan rangkaian pipa bor.
  7. Rat hole : Lubang dekat kaki menara pada lantai bor dimana kelly ditempatkan pada saat berlangsung “cabut pasang pipa” (round trip).
  8. Dog house : Merupakan rumah kecil yang digunakan sebagai ruang kerja driller dan penyimpanan alat-alat kecil lainnya.
  9. Pipe ramp : Merupakan jembatan penghubung antara catwalk dengan rig floor, berfungsi sebagai lintasan pipa bor yang ditarik ke lantai bor.
  10. Cat walk : Merupakan jembatan penghubung antara pipe rack dengan pipe ram, berfungsi untuk menyiapkan pipa yang akan ditarik ke lantai bor lewat pipe ramp.
  11. Hydraulic catheat : Digunakan untuk menyambung dan melepas sambungan jika dipasang drill pipe yang besar atau drill collar akan ditambahkan atau dikurangkan dari drill string pada saat “perjalanan” masuk atau keluar dari sumur bor.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.