Fungsi dan Komponen Menara Pemboran (Drilling Tower)

Published by Priant Taruh on Oktober 06, 2017
Fungsi dari menara pemboran adalah untuk memperoleh ruang vertikal yang cukup sehingga dapat menaikan dan menurunkan rangkaian pipa dan casing ke dalam lubang bor selama operasi pemboran. Pada menara pemboran terdapat beberapa alat yang diletakkan, karena itu kekuatan dari menara pemboran harus diperhatikan berdasarkan dengan kebutuhan yang akan digunakan dalam pemboran.


Menurut L.C Moore, Ideco World Field, National Card Well. ada dua tipe menara, yaitu:

1. Tipe standart (derrick)

Jenis menara ini tidak dapat didirikan dalam satu unit, tetapi sistem pendiriannya disambung satu persatu. Jika dipindah harus melepas dan memasang bagian-bagian tersebut, kecuali untuk jarak yang tidak terlalu jauh dapat digeserkan. Menara jenis ini banyak digunakan untuk pemboran dalam, dimana membutuhkan lantai yang luas untuk tempat pipa, pemboran ditengah-tengah kota, daerah pegunungan dan pemboran di lepas pantai dimana tidak tersedia cukup ruang untuk mendirikan satu unit penuh.

2. Tipe Portable (mast)

Jenis menara ini posisi berdirinya dapat vertikal atau hampir vertikal, terdiri dari bagian yang dikaitkan satu sama lain dengan las atau sekrup (biasanya terdiri dari dua tingkat), tipe menara ini dapat didirikan sebagai unit menara penuh, menara ditahan oleh teleskoping dan diperkuat oleh tali yang ditambatkan secara tersebar. Tipe menara ini jika dibandingkan dengan menara standart mempunyai kelebihan, karena lebih murah, mudah dan cepat untuk mendirikannya, serta biaya transportnya murah, tetapi penggunaannya terbatas pada pemboran yang dangkal.
  • Fungsi: Mendapatkan ruang yang cukup sehingga dapat menaikan dan menurunkan rangkaian drill string dan casing ke dalam lubang bor.
  • Letak: di atas lubang bor
  • Mekanisme: Menahan beban vertikal saat operasi pemboran berlangsung. Tipe ini dapat didirikan sebagai unit menara penuh.

Componen penting pada menara

Gine pole: Merupakan tiang berkaki dua atau tiga yang berada di puncak menara, berfungsi untuk memberikan pertolongan pada saat menaikkan dan memasang crown block (gine pole hanya dipasang menara tipe standard).

Water table: Merupakan lantai di puncak menara yang berfungsi untuk mengetahui bahwa menara sudah berdiri tegak.

Cross bracing: Berfungsi untuk menguatkan menara, ada yang berbentuk k dan x.

Tiang menara: Merupakan empat tiang yang berbentuk menara, berbentuk segi tiga sama kaki, berfungsi sebagai penahan terhadap semua beban vertikal dibawah menara dan beban horizontal (pengaruh angin dsb).

Girt: Merupakan sabuk menara, berfungsi sebagai penguat menara.

Monkey board: Tempat kerja bagi para derrickman pada waktu cabut atau menurunkan rangkaian pipa bor. Serta tempat menyandarkan bagian rangkaian pipa bor yang kebetulan sedang tidak digunakan (pada saat dilakukan cabut pipa).
  • Fungsi: Sebagai tempat menyandarkan bagian rangkaian pipa bor yang kebetulan sedang tidak digunakan.
  • Letak: di tengah-tengah derrick
  • Mekanisme : Menjadi tempat kerja bagi para derrickman pada waktu cabut atau menurunkan rangkaian pipa bor.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.