Jabatan dan Tugas Drilling Rig Crew

Published by Priant Taruh on November 15, 2017
Dalam suatu operasi pemboran, membutuhkan pekerja yang menguasai pekerjaan berdasarkan bidangnya masing-masing serta berpengalaman.

Setiap pekerja yang ada di Rig memiliki tugasnya masing-masing. Berikut ini bidang serta tugas dari crew yang ada di Rig.

Source: http://jamierood.com/blog/

1. Company man, adalah wakil dari perusahaan yang berada di tempat operasi pemboran. Company man yang memutuskan segala kebijaksanaan perusahaan selama operasi pemboran berlangsung.

2. Tool pusher, wakil dari kontraktor yang mahir dalam melaksanakan operasi pemboran serta menguasai perlengkapan anjungan dan permesinan.

3. Driller, bertugas untuk mengawasi operasi pemboran dari meja pengontrol yang ditempatkan dekat draw work. Pengontrol ini menolong driller untuk mengoperasikan perlengkapan yang digunakan serta memonitor operasi pemboran yang sedang berlangsung.

4. Derickman, tugasnya adalah membantu driller selama operasi pemboran berlangsung.

5. Rotary helper, sedikitnya terdiri dari dua atau tiga orang. Mereka yang bertanggung jawab untuk menangani dan menjaga perlengkapan dan alat-alat yang digunakan dalam operasi pemboran.

6. Motor man, yaitu orang yang bertanggung jawab pada prime mover agar kebutuhan daya untuk setiap sistem terpenuhi.

7. Rig mechanic, bertugas memeriksa, memelihara dan memperbaiki peralatan mekanik pada rig.

8. Rig electrician, bertanggung jawab pada pemeriksaan, pemeriharaan pada generator listrik serta sistem pendistribusian.

9. Mud engineer, bertugas memeriksa sifat-sifat fluida pemboran serta menentukan jenis fluida pemboran yang sesuai untuk digunakan.

10.Mud logger, bertugas untuk menilai suatu formasi yang telah dicapai dengan melakukan pemeriksaan terhadap serpih pemboran (cutting).

11.Casing and cementing crew, bertugas merencanakann, mengoperasikan dan memelihara peralatan-peralatan khusus yang digunakan selama operasi pemasangan casign dan cementing.

12.Wellsite Geologi, adalah wakil perusahaan yang bertugas mengawasi proses pemboran berlangsung dengan baik dan sesuai target yang telah ditetapkan.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.