Apa Yang Dimaksud Dengan Minyak Bumi

Published by Priant Taruh on February 15, 2017
Minyak bumi dipercaya oleh para ahli telah terbentuk selama jutaan tahun, dari organisme, hewan dan tumbuhan yang berukuran sangat kecil dilautan.
Setelah organisme laut tersebut mati dan akibat oleh rentang waktu yang sangat lama sehingga organisme tersebut tertutup dan tertimbun pada lapisan dengan kedalaman tertentu dibawah permukaan tanah. 

Lapisan tempat terdapatnya minyak bumi merupakan lapisan yang kaya akan zat organik yang disebut dengan batuan Sedimen (batuan endapan), batuan sedimen terdapat pada batuan asal atau yang dinamakan dengan Source Rock. Proses ini terjadi terus menerus sehingga membuat banyak lapisan yang terbentuk.


Batuan sedimen umumnya tidak cukup mengandung oksigen untuk mendekomposisi material organik tadi secara komplit. Berkat adanya bantuan bakteri sehingga zat ini dapat terurai, molekul demi molekul, menjadi material yang kaya hidrogen dan karbon. Tekanan dan temperatur yang semakin tinggi dari lapisan bebatuan di atasnya kemudian mendistilasi sisa-sisa bahan organik, lalu lambat-laun mengubahnya menjadi minyak dan gas.

Akibat kenaikan suhu dan tekanan tersebut menyebabkan minyak bermigrasi dari source rock (batuan asal) ke reservoir rock (batuan reservoar). proses tersebut dikenal dengan Petroleum System

Minyak bumi merupakan campuran rumit dari ratusan rantai hidrokarbon, yang umumnya tersusun atas 85% karbon (C) dan 15% hidrogen (H). Selain itu, juga terdapat bahan organik dalam jumlah kecil dan mengandung oksigen (O), sulfur (S) atau nitrogen (N).

Minyak bumi yang telah berada di reservoir rock tersebut sebelumnya mengalami proses yang sangat panjang sehingga dari source rock bisa sampai ke reservoir rock, dan akhirnya bisa diproduksikan berkat sdm dan peralatan yang canggih saat ini.

Minyak bumi tersebut ketika sampai di permukaan tidak bisa langsung digunakan, harus melewati sekian proses pengolahan yang akhirnya akan menjadi beberapa produk salah satunya bensin yang saat ini merupakan bahan bakar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Support blog ini dengan cara Berkomentar yang baik dan sopan.