Jenis-Jenis Rig Pemboran

Published by Priant Taruh on February 05, 2017
Saat ini bahan bakar fosil menjadi hal yang sangat dibutuhkan setiap orang, bagaimana tidak energi dibutuhkan dalam aktifitas setiap harinya seperti untuk bahan bakar dalam berkendara. Saat ini begitu banyak penggunaan bahan bakar fosil seperti bensin, solar, pertalite dan masih banyak lagi. Tapi tahukah kamu bahwa bahan bakar yang kamu gunakan tersebut telah diolah terlebih dahulu dan tidak tersedia di permukaan melainkan berada pada kedalaman tertentu di bawah permukaan bumi.

Untuk mencapai dan memproduksi sumber bahan bakar tersebut para ahli menggunakan peralatan yang dinamakan Rig, bagi kamu yang bekerja atau kuliah di perminyakan mungkin sudah tidak asing dengan nama tersebut tapi bagi orang awam mungkin masih belum mengetahuinya.

Rig merupakan suatu peralatan yang bertujuan melakukan pemboran untuk menembus reservoar untuk mendapatkan minyak dan gas. Rig terbagi dua berdasarkan tempat berdirinya yaitu; di darat (on shore) dan dilepas pantai (off shore) Beriktu jenis rig berdasarkan tempatnya; 

Darat (on shore

1. Land Rig 
Land rig merupakan rig yang beroperasi di daratan.

Lepas pantai (off shore) 

1. Swamp barge
Swamp barge yaitu rig yang berada pada kedalaman dibawah maksimal 7 meter. Rig ini biasanya dioperasikan di daerah sungai ataupun rawah.

2. Jack up
Kedalaman : 35 - 45 meter.
Jack up rig merupakan rig yang beroperasi di laut, memiliki 3 dan 4 kaki untuk menopang seluruh komponen yang berada di rig. Kaki pada jack up rig tersebut berfungsi untuk menaik dan menurunkan rig pada saat yang diinginkan.

Baca juga: Jenis jenis casing

3. Semi submersible
Kedalaman : 300 - 500 meter.
Merupakan rig yang bisa beroperasi pada laut dalam maupun laut dangka.

4. Drill Ship
Kedalaman : 800 - 1000 meter.
Drill ship merupakan rig yang berada diatas kapal, kelebihan dari rig ini yaitu sangat mudah untuk berpindah ke tempat pemboran berikutnya.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Support blog ini dengan cara Berkomentar yang baik dan sopan.