Komposisi Kimia Non-Hidrokarbon

Published by Priant Taruh on April 25, 2017
Selain mengandung unsur hidrogen dan karbon (HC), pada minyak bumi juga terdapat komposisi unsur belerang, nitrogen, oksigen serta unsur lain dengan prosentase yang sedikit.

1. Senyawa Belerang
Kadar belerang dalam minyak bumi bervariasi antara 4% sampai 6% beratnya. Kandungan minyak bumi yang terdapat di Indonesia merupakan minyak bumi yang mempunyai kadar belerang relatif rendah, yaitu rata-rata 1%. Distribusi belerang dalam fraksi-fraksi minyak bumi akan bertambah sesuai dengan bertambahnya berat fraksi.
Kandungan senyawa belerang dalam minyak bumi dapat menyebabkan pencemaran udara dan korosi. Pencemaran udara tersebut disebabkan oleh bau yang tidak enak dari jenis-jenis belerang yang mempunyai titik didih yang rendah, seperti hidrogen sulfit, belerang dioksit dan merkaptan. Disamping menimbulkan bau, jenis belerang tersebut juga beracun. Sedangkan pembentukan korosi oleh belerang dapat terjadi pada temperatur diatas 300 oF. Jenis-jenis belerang dengan titik didih rendah, pada kondisi udara lembab akan merubah besi menjadi besi sulfit yang rapuh.
2. Senyawa Oksigen
Kadar oksigen dalam minyak bumi bervariasi antara 1% sampai 2% beratnya. Peningkatan kadar oksigen dalam minyak bumi dapat terjadi karena kontak minyak bumi dan udara. Hal ini disebabkan adanya proses oksidasi minyak bumi dengan oksigen dari udara.
Dalam minyak bumi, oksigen terdapat sebagai asam organik yang terdistribusi dalam semua fraksi, dengan konsentrasi tertinggi pada fraksi gas. Asam organik tersebut biasanya berupa asam naftenat dan sebagian kecil lainnya berupa asam alifatik. Asam naftenat mempunyai bau yang tidak enak dan bersifat korosif.
3. Senyawa Nitrogen
Kadar nitrogen dalam minyak bumi pada umumnya rendah dan bervariasi pada kisaran 0.1% sampai 2 % beratnya. Senyawa nitrogen terdapat dalam semua fraksi minyak bumi, dengan konsentrasi yang semakin tinggi pada fraksi-fraksi yang mempunyai titik didih yang lebih tinggi.
Senyawa nitrogen yang sering terdapat dalam minyak bumi antara lain adalah piridin, qinoloin, indol dan karbosol.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Support blog ini dengan cara Berkomentar yang baik dan sopan.