Karakteristik Batuan Sedimen

Published by Priant Taruh on May 03, 2017

Batuan sedimen memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Breccia
Batuan yang tersusun karena penyemenan fragmen bersudut (Angular) dari batuan lain dan diendapkan sangat dekat dengan sumbernya.

2. Konglomerat
Tersusun dari berbagai fragmen batuan yang menyatu karena adanya material semen seperti clay atau shale. Karakteristik utama dari konglomerat adalah fragmen yang bundar (Rounded).

3. Sandstone
Sandstone adalah suatu massa pasir terekat. Perekat berasal dari kalsium karbonat, oksida besi, silica atau clay. Batupasir umumnya banyak mengandung kuarsa.


4. Shale
Shale tersusun dari mineral clay.

5. Limestones
Sedimen nonklastik yang paling melimpah, disusun dari kalsium karbonat. Kalsium karbonat bisa berasal dari bahan organik (kulit dan kerangka dari tanaman calcareous dan binatang) atau terbentuk dari presipitasi bakteri atau kimia dari air laut.

6. Dolomit
Jika sejumlah besar kalsium dalam limestone digantikan oleh magnesium, maka batuan itu disebut dolomit. 
Dolomitisasi adalah proses yang terjadi pada limestone yang membuat porositasnya semakin besar.

7. Batukapur
Sejenis batugamping bertipe khusus yang terdiri dari cangkang-cangkang kecil atau fragmen-fragmen yang tersemen bersama-sama. Bagian terbesar dari material ini adalah cangkang foraminifera, tetapi terkadang ada juga cangkang dari organisme lain. Batu kapur biasanya bertekstur halus, berpori, berwarna putih abu-abu, dan beberapa diantaranya terlihat masif (padat).

8. Batubara
Terbentuk dari akumulasi tumbuhan yang terkompaksi. Perubahan tumbuhan menjadi peat (tanah gemuk yang dipakai sebagai bahan bakar), lignite (batubara muda), dan berbagai macam tingkatan batubara.

9. Garam dan Gips
Terdapat pada air laut. Ketika air laut menguap menjadi kering, garam yang larut diendapkan terakhir. Kalsium karbonat dan besi oksida adalah yang pertama kali diendapkan, kemudian gypsum dan anhidrat. Garam yang lebih pahit terdiri dari sulfat dan klorida potassium, sedangkan magnesium diendapkan terakhir.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Support blog ini dengan cara Berkomentar yang baik dan sopan.