Apa Itu Energi Terbarukan ??? (Beberapa Ada di Indonesia)

Published by Priant Taruh on July 27, 2017

Apasih Itu Energi Terbarukan?

Energi terbarukan / energi yang mulai dikenal pada tahun 1970-an, adalah energi yang bersumber dari alam dimana sumber dari energi tersebut bisa dikatakan tidak akan habis atau selalu tersedia tanpa menunggu jutaan tahun seperti pada energi fosil.

Tidak seperti pada energi fosil dan nuklir dimana terdapat efek seperti polusi dan ancaman bahaya, Energi terbarukan memiliki keunggunalan ramah lingkungan dan bersifat terus menerus.

Pada saat ini ada beberapa energi terbarukan, bahkan hingga saat ini banyak ahli yang sedang berupaya menemukan dan mengembangkan energi terbarukan.

Berikut ini adalah eneri terbarukan yang saat ini sudah digunakan di beberapa negara salah satunya indonesia.

1. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi adalah energi yang cara produksinya bisa dikatakan mirip dengan perminyakan, yang berbeda adalah fluida produksinya saja dimana pada perminyakan hasilnya crude oil (minyak mentah) dan pada geothermal hasilnya uap.

Cara kerja dari energi panas bumi yaitu dengan cara memanfaatkan panas dari fluida/uap yang diproduksikan untuk memutar turbin sehingga dapat menghasilkan listrik.

2. Energi Surya

Energi yang satu ini adalah pemanfaatan energi dengan proses panas dari matahari diubah menjadi energi listrik.

3. Energi Tenaga Air

Air yang banyak dengan kondisi perbukitan merupakan lokasi yang strategis dalam pemanfaatan energi dengan tenaga air. Cara kerja dari energi ini yaitu akan dibuat bendungan sehingga air yang akan melalui bendungan di arahkan terlebih dahulu agar melewati turbin agar dapat membantu dalam menghasilkan listrik.

4. Biomassa

Energi ini berasal dari biomassa.
Biomassa adalah bahan organik yang bersumber dair tumbuhan seperti limbah pertanian, hewan, mikroorganisme dan lain-lain Produk dari biomassa ini seperti, bio gas.

5. Energi Angin

Prinsip kerjanya sebenarnya bisa dibilang hampir sama dengan panas bumi, dimana tujuan akhirnya ialah sebagai tenaga untuk membantu dalam perputaran turbin.

Angin akan membantu proses perputaran turbin sehingga dapat menghasilkan listrik.
Prosesnya sebenarnya tidak sesederhana itu saja.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Support blog ini dengan cara Berkomentar yang baik dan sopan.