Metode Driller

Published by Priant Taruh on July 22, 2017

Langkah pertama

1. Bila terjadi kick, tutup sumur, catat :  SIDPP, SICP, pertambahan volume di mud pit.

2. Sirkulasikan lumpur lama dengan menjalankan pompa perlahan sambil menjaga CP kontan (sambil mengatur choke) sampai kill rate pompa tercapai. Tunggu beberapa saat sampai tekanan DP konstan = ICP (Initial Circulation Press) yaitu tekanan DP + KRP.

3. Setelah itu sirkulasikan lumpur lama dilanjutkan dengan menjaga tekanan DP konstan (sambil mengatur choke), yaitu sebesar    ICP = SIDPP + KRP @ SPR (Slow Pump Rate), sampai semua influx keluar ke permukaan.

4. Setelah semua influx keluar turunkan kecepatan pompa sambil menjaga tekanan casing konstan dengan mengatur choke. Ketika kecepatan pompa turun sampai pompa hampir berhenti maka :
•    Matikan pompa dahulu
•    Setelah itu menutup choke

5. Baca tekanan. Jika semua influks telah ke luar dari sumur, tekanan besarnya hampir sama. Yaitu SIDPP = SICP.

Langkah kedua


1.    Hitung berat kill mud weight.

2.    Sirkulasikan lumpur baru dengan menaikkan pompa perlahan sampai mencapai kill rate speed pompa sambil menjaga tekanan casing (CP) konstan. Pada saat ini harga tekanan di DP adalah ICP = SIDPP+KRP. CP terus dipertahankan konstan sampai lumpur baru mencapai bit  sebanyak volume string atau bila lumpur sampai bit. Pada saat ini harga tekanan di DP adalah FCP = ICP x (KMW/OMW).

3.    Pemompaan lumpur baru dilanjutkan dengan menjaga tekanan DP konstan sampai lumpur baru sampai ke permukaan dengan menjaga FCP konstan.

4.    Setelah semua lumpur baru sampai ke permukaan selanjutnya rate pompa diturunkan perlahan sambil mengatur choke sampai pompa berhenti.

5.    Kemudian catat tekanan SIDPP dan SICP. Apabila SIDPP = SICP = 0 berarti kick telah ditanggulangi. Apabila SIDPP = SICP tidak sama dengan 0, lakukan operasi buka dan tutup choke sampai SIDPP = SICP = 0 berarti kick telah ditanggulangi.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Support blog ini dengan cara Berkomentar yang baik dan sopan.