Log Sonic

Published by Priant Taruh on August 18, 2017
www.searchanddiscovery.com

Log sonic merupakan log yang digunakan untuk mendapatkan harga porositas batuan dengan prinsip kerja mengukur waktu tempuh gelombang bunyi pada suatu jarak tertentu didalam lapisan batuan. Satuan dari log sonic adalah mikro second per feet, yang merupakan hasil dari kecepatan gelombang bunyi yang mencapai receiver di dalam suatu formasi.

Tujuan dari penggunaan log sonic adalah untuk mengetahui kerapatan dan porositas batuan. Pada batuan yang porous, kerapatannya lebih kecil sehingga kurva log sonic akan mempunyai harga yang besar seperti pada serpih organik atau lignit dan sebaliknya. Log sonic dapat berfungsi sebagai pengikat antara data seismik dengan data sumur.

Sistem kerja dari log sonic ialah dengan mengukur kecepatan suara (sonic) dalam formasi, dimana transmitter memancarkan suatu pulsa dengan frekuensi tertentu. Pulsa tersebut menghasilkan beberapa gelombang, gelombang tersebut terbagi dalam beberapa jenis tergantung dari daerah rambatnya, sehingga dari detektor gelombang merambat ke formasi dan kembali lagi ke detector. Kemudian dipancarkan lagi pulsa kedua dengan prinsip kerja yang sama dengan pulsa pertama, kemudian dicatat selisih waktu dari kedua pulsa tersebut.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Support blog ini dengan cara Berkomentar yang baik dan sopan.