4 Jurusan Yang Paling Dilirik Oleh Perusahaan Migas

Published by Priant Taruh on Maret 31, 2018

Jika kamu sudah pernah membaca artkel saya sebelumnya tentang Perminyakan Bukan Satu-Satunya Jurusan Untuk Bekerja di Industri Migas, tentu kamu pasti sudah tahu bahwa tidak hanya jurusan perminyakan saja yang dapat bekerja di Perusahaan Migas.

Ngomongin soal hal tersebut, kayaknya kamu harus tahu kalau ada 4 Jurusan Yang Paling Dilirik Oleh Perusahaan Migas termasuk jurusan perminyakan dan mungkin salah satu dari empat jurusan tersebut adalah jurusanmu.

1. Petroleum (Teknik Perminyakan)

Yang pertama tentu saja Jurusan Perminyakan, karena jurusan perminyakan jelas memiliki pengetahuan serta basic tentang perminyakan yang diperoleh sewaktu kuliah. Perminyakan merupakan jurusan yang mempelajari teori serta praktik yang berhubungan dengan bagaimana terbentuknya minyak, eksplorasi, produksi dan pengolahan migas.

Perminyakan juga mendapatkan urutan 9 dari 15 jurusan yang paling berharga/bernilai di industry manapaun. – Investopedia.com

2. Geology (Teknik Geologi)

Ahli geologi menentukan tempat mengebor minyak dengan mempelajari struktur bebatuan dan mineral yang terletak di bawah permukaan Bumi. Gelar ini mendapatkan lebih banyak permintaan baru-baru ini seiring dengan meningkatnya bisnis minyak dan gas di Amerika Serikat yang mengharuskan karyawan dengan keterampilan teknis untuk menguasai pengeboran horizontal dan metodologi baru lainnya.

3. Chemical Engineering (Teknik Kimia)

Perusahaan minyak sering mempekerjakan lulusan teknik kimia untuk bagian hilir bisnis. Bisnis minyak dibagi menjadi komponen hilir dan hulu. Hulu meliputi eksplorasi dan produksi, sedangkan hilir membutuhkan insinyur kimia untuk menganalisis proses kimia yang terjadi di akhir penyulingan minyak dari siklus. Pemurnian minyak sering distigmatisasi sebagai sisi pejalan kaki kotor dari bisnis minyak.

4. Mechanical Engineering (Teknik Mesin)

Aspek teknik mesin dari bisnis minyak dan gas sering berpusat pada desain dan implementasi proyek besar. Ini mungkin termasuk pembangunan kilang, jaringan pipa dan anjungan minyak lepas pantai.

Keterampilan khusus yang diperlukan termasuk pengetahuan tentang dinamika fluida, teknologi termal, pemodelan 3-D dan metodologi konstruksi yang kompleks. Pekerjaan sering terjadi di lapangan di berbagai tempat.

Setengah dari lulusan dari University of Texas dengan gelar teknik mesin menemukan pekerjaan di industri minyak dan gas. Banyak universitas menawarkan program lima tahun yang memberi mahasiswa gelar sarjana dan master.

Note: Beberapa hal diatas bersumber dari: www.investopedia.com

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
10 April, 2018 delete

Blongnya mengambil niche " Migas dll " ya Mas.... ? sebuah niche yang jarang dilirik oleh para blogger lainnya.

Informasinya cukup pada dan bermutu.

Alexanya sudah lebih ramping ketimbang dng dng blog saya, namun kok DA PAnya masih imut Mas, pasti baru pasang domain TLD yach Mas, soalnya blog kita seumuran.

Happy blogging yach mas.....

Reply
avatar
12 April, 2018 delete

Ia mas tentang migas, agak ragu juga sebenarnya waktu buat karena materi migas hanya sedikit yang cari. Cuman "menurut saya" peluangnya agak besar karena jarang blog yang bahas migas hehe. Ia mas untuk PA dan DA imut banget wkwk masih low sx. Sudah sekitar 1 tahun 3 bulanan mas umur domain.

Ia mas makasih, sudah berkunjung hehe
Nda nyangka salah satu master blog berkunjung disini hehe.

Reply
avatar

   Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan.