5 Hukum Dasar Geologi Menurut Poort (1976)

Published by Priant Taruh on May 27, 2018

Dalam mempelajari suatu ilmu atau pelajaran biasanya kita akan mempelajari tentang hukum dasar dari materi yang sedang kita pelajari, misalnya dalam fisika kita akan mempelajari hukum Newton.

Meskipun tidak semua ilmu memiliki hukum dasar namun ada beberapa ilmu atau pelajaran yang memiliki hukum dasar, salah satunya adalah Geologi.

Pada bidang geologi terdapat hukum dasar geologi salah satunya hukum dasar menurut poort (1976)

Menurut Poort (1976), dalam geologi dikenal 5 hukum dasar geologi, yaitu:


1. Law of Uniformitarianism, hukum ini menyatakan bahwa keadaan sekarang merupakan kunci keadaan masa lalu .

2. Law of Original Horizontality, hukum ini menyatakan bahwa pada mulanya batuan sedimen diendapkan secara horizontal didasar cekungan sejajar dengan permukaan bumi.

3. Law of Superposition, hukum ini menyatakan bahwa lapisan sedimen yang paling bawah terendapkan duluan, dan berumur paling tua, sedangkan lapisan paling atas adalah lapisan paling muda.

4. Principle of Cross-cuting Relationship, hukum ini menyatakan bahwa batuan yang memotong batuan lain akan berumur lebih muda.

5. Principle of Faunal Succession, hukum ini menyatakan karena evolusi berbagai fosil yang terawetkan didalam suatu sekuen batuan, kenampakan fisiknya berubah secara gradual dan teratur sejalan dengan waktu.

Saya bukan master ataupun ahli. Hanya seorang mahasiswa yang ingin sharing pengetahuan mengenai Migas, Geothermal dan Pengetahuan Umum lainnya.

Share this

Subscribe Yuk !!!

Postingan Terkait

Previous
Next Post »

   Support blog ini dengan cara Berkomentar yang baik dan sopan.