Merawat Lebih dari 10 Blog Ternyata Tidaklah Mudah


Saya membuat blog pertama kali kalau tidak salah pada tahun 2015 (saya sedikit lupa), hal tersebut saya lakukan agar lebih paham dengan cara kerja suatu blog sehingga saya dapat mengelola blog organisasi dimana saya merupakan salah satu anggota organisasi tersebut dan kebetulan saya yang menjadi bagian dalam mengelola blog tersebut.

Berawal dari situ lambat laun saya akhirnya tertarik dengan blog. Saya mulai membuat blog pribadi saya dengan berbagai jenis artikel yang saya buat, mulai dari tips dan trik, hubungan dan berbagai jenis ide yang muncul dalam pemikiran.

Sayangnya artikel tersebut harus dihapus karena beberapa alasan.

Akhirnya saya tertarik untuk membuat suatu topik yang kebetulan mudah untuk saya dapatkan yaitu seputar materi perminyakan dan beberapa materi lainnya yang saya dapatkan dalam perkuliahan.

Blog ini telah memiliki pengunjung yang cukup banyak saat ini, namun jika kalian tahu awal mula blog ini yang berkunjung dan baca hanya saya sendiri, sungguh hal yang lucu dan wajar bagi saya mengingat saya bukanlah siapa-siapa.

Setelah lama ngeblog akhirnya saya baru tahu ternyata blog bisa menghasilkan uang, dan ternyata uang yang dihasilkan bukanlah jumlah yang sedikit. Namun banyak tidaknya uang yang dapat dihasilkan suatu blog tergantung banyak tidaknya pengunjung pada blog tersebut.

Akibat malas dan belum tertarik menghasilkan uang dari blog yang menyebabkan satu tahun lebih saya ngeblog hanya sekedar ngeblog saja tanpa hasil sama sekali.

Barulah beberapa bulan ini akhirnya saya mendaftarkan blog di adsense, dan Puji Tuhan baru satu kali didaftarkan blog langsung diterima adsense.

Berawal dari diterima adsense saya mulai berpikir kedepan untuk mengembangkan beberapa blog lain. Akhirnya saya membuat beberapa blog mulai dari bertambah satu, dua, dan akhirnya saat ini menjadi belasan.

Satu hal yang saya sadar namun tidak pedulikan yaitu yang mengelola blog hanya saya sendiri, dan akhirnya mulai sulit untuk memposting artikel. Karena sulit untuk memposting banyak artikel dalam satu blog, jika itupun dilakukan maka blog yang lain otomatis tidak akan ada postingan.

Intinya dari situ saya belajar bahwa hal kecil patut untuk diperhitungkan.

Dan bagi anda yang baca artikel ini, yang ingin saya katakan adalah cobalah untuk membuat satu blog dan membahas suatu topik yang umum yang banyak dicari dan buatlah artikel secara teratur minimal satu (sebaiknya 2) setiap hari dengan jumlah kata 400 sampai 500. Saya jamin dalam waktu 1 tahun blog anda akan banyak pengunjung dan tentu saja akan banyak juga uang yang akan anda dapatkan dari blog anda.

Bagimana dengan prianttaruh.com ?


Sayangnya blog ini saya jarang update yang akhirnya membuat blog ini terlihat tidak aktif bagi google sehingga pengunjungnya tidaklah banyak. Selain itu salah satu yang paling pengaruh untuk blog ini adalah topik yang saya bahas yaitu tentang migas yang jika dibilang jumlah pencarian katanya setiap bulan hanyalah sedikit, berbeda ketika membuat blog dengan topik yang umum seperti game, informasi unik dan berbagai topik lainnya yang pengunjungnya membludak dan tentu saja dengan hasil yang membludak juga hehe.

Pemilihan topik itulah yang menjadi salah satu alasan akhirnya saya membuat blog lain yang topiknya banyak dicari.

Namun yang paling senang dari membuat blog sebenarnya bukanlah uangnya, namun ketika dibaca oleh orang dan bermanfaat bagi orang banyak.

Percaya atau gak saya yakin semua blogger (orang yang punya blog) pasti sangat senang ketika artikelnya ada yang baca entah itu sedikit atau banyak dan ketika ada orang yang baca maka tentu saja artikel yang dibuat sudah bermanfaat bagi orang tersebut. Dengan catatan sesuatu yang dibagikan adalah hal yang positif!

Note: Saat ini artikel perminyakan dan pengetahuan umum lainnya sudah saya pindahkan di blog baru saya profesoer.com

2 Responses to "Merawat Lebih dari 10 Blog Ternyata Tidaklah Mudah"

  1. Wah saya ngelola 1-2 aja kewalahan. Gimana ini 10 wkwkw. Semangat mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas saya juga kewalahan wkwk, memang lebih baik kelola satu blog dulu klo sukses baru buat lagi...
      Ia mas makasih.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel