Cabang-Cabang Ilmu Geologi

Keilmuan


Geofisika


Geofisika adalah bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer.

Geokimia


Geokimia adalah sains yang menggunakan prinsip dan teknologi bidang kimia untuk menganalisis dan menjelaskan mekanisme di balik sistem geologi seperti kerak bumi dan lautan yang berada di atasnya.

Geologi Struktur


Ilmu yang mempelajari tentang struktur geologi yang terbentuk akibat gaya tektonik.

Geomorfologi


Ilmu yang mempelajari tentang relief bumi.

Kristalogi


Kristalografi merupakan sebuah ilmu yang mengkaji atau dapat disebut dengan sebuah kajian terhadap Kristal-kristal yang meliputi suatu pertumbuhanya, bangun atau yang sering disebut dengan struktur, sifat-sifat fisiknya, juga berbagai macam klasifikasi yang dimuat berdasarkan struktur batuanya.

Mineralogi


Ilmu yang mempelajari tentang sifat fisik dan kimia mineral serta cara terjadinya dan pembentukannya.

Paleontologi


Ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masa lalu yang didasarkan atas fosil baik tumbuhan maupun hewan.

Petrologi


Ilmu yang mempelajari tentang batuan sebagai pembentuk kerak bumi.

Sedimentologi


Ilmu yang mempelajari mengenai tentang proses-proses pembentukan, transportasi dan pengendapan material yang terakumulasi sebagai sedimen di dalam lingkungan kontinen dan laut hingga membentuk batuan sedimen.

Stratigrafi


Ilmu yang mempelajari tentang urutan pelapisan batuan.

Tektonika


cabang geologi yang berhubungan dengan arsitektur lapisan penyusun bumi seperti stuktur geologi regional atau proses deformasi. Tektonika juga mempelajari hubungan antara struktur geologi regional dengan prosesnya. Tektonika berhubungan dengan struktur geologi, namun pada umumnya tektonika mempelajari dalam skala yang lebih besar.

Terapan


Geokronologi


Geokronologi merupakan ilmu untuk menentukan umur absolut batuan, fosil, dan sedimen, dalam suatu tingkat ketidakpastian tertentu yang melekat dalam metode yang digunakan. Berbagai macam metode penentuan umur digunakan oleh ahli geologi untuk mencapai hal tersebut.

Geologi Kelautan


Geologi kelautan mencakup penelitian geofisika, geokimia, sedimentologi, dan paleontologi di dasar samudera dan daerah pesisir. Geologi kelautan berkaitan erat dengan oseanografi fisik dan tektonik lempeng.

Geologi Lingkungan


GEOLOGI LINGKUNGAN adalah interaksi antara manusia dengan lingkungan geologis. Lingkungan geologis terdiri dari unsur-unsur fisik bumi (batuan, sedimen, tanah dan fluida) dan unsur permukaan bumi, bentang alam dan proses-proses yang mempengaruhinya.

Geologi Minyak Bumi


Geologi minyak Bumi adalah salah satu cabang ilmu geologi untuk mengetahui keberadaan minyak Bumi di bawah tanah, kemudian mengeksplorasi dan memproduksinya. Secara umum ada dua jenis geologi minyak Bumi, yaitu geologi eksplorasi minyak Bumi yang mencakup pencarian minyak Bumi dan geologi produksi minyak Bumi.

Geologi Pertambangan


Geologi Pertambangan adalah ilmu yang mempelajari menganai kandungan mineral atau bahan-bahan tambang yang kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri atau keperluan lain-lain.

Geologi Teknik


Geologi rekayasa atau Geologi Teknik adalah penerapan ilmu geologi dalam praktik rekayasa untuk tujuan menjamin faktor-faktor geologi yang memengaruhi lokasi, disain, konstruksi, operasi dan perawatan pekerjaan rekayasa telah dikenali dan diperhitungkan dengan matang.

Geothermal


Geothermal atau Energi panas bumi yaitu energi panas tersimpan yang berasal dari dalam bumi. Energi ini berasal dari aktivitas tektonik dari dalam bumi.

Vulkanologi


Vulkanologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kegunungapian dan merupakan mata rantai yang tak terpisahkan dengan ilmu geologi.

0 Response to "Cabang-Cabang Ilmu Geologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel