Pengertian dan Cara Kerja Energi Gelombang Laut (Energi Ombak)

Saat ini manusia sudah sangat bergantung dengan energi fosil, sayangnya energi fosil terbatas dan cenderung akan habis. Karena itu banyak ahli yang meneliti tentang energi lainnya selain energi fosil. Kerja keras dari para ahli tentu saja membuahkan hasil yang positif karena pada saat ini ada beberapa energi terbarukan yang telah ditemukan bahkan beberapa bersifat terus menerus dan memang bisa juga dikatakan terus menerus.

Ngomongin soal energi, ada salah satu energi yang bisa dibilang sangat menjamin karena energi tersebut berasal dari ombak. Energi ombak (waves energy) bukan hanya sekedar nama saja, energi ini memang berasal dari ombak air laut. Dari pada kamu penasaran, ini nih pengertian energi ombak:

Energi ombak adalah energi yang berasal dari tekanan naik turunnya gelombang air laut. Negara kelautan memiliki potensi yang besar akan energi ombak. Energi ini dapat digunakan untuk pembangkit listrik dengan memanfaatkan tekanan naik turun dari ombak. Sudah tahu kan pengertian energi ombak.

Prinsip kerja energi ombak


Ombak adalah energi yang dihasilkan oleh karena adanya angin yang bertiup di permukaan laut.  Sayangnya dalam upaya pemanfaatan ombak menjadi energi listrik tidaklah mudah, karena membutuhkan tenaga ahli, peralatan dan biaya yang tentu saja cukup besar.

Prinsip kerjanya sebenarnya yaitu seperti ini: Ada wadah yang didalamnya terdapat lubang yang menembus dari arah A ke arah B. Wadah tersebut akan diletakan didaerah yang berombak, ombak yang terjadi akan masuk melalui arah A dan kemudian keluar melalui arah B. Di antara A dan B terdapat turbin yang nantinya akan berputar ketika ombak melewati turbin tersebut. Akibat dari perputaran turbin tersebut maka akan menghasilkan listrik. Hal tersebut sebenarnya tidak sesimple itu, namun secara garis besar bisa dikatakan seperti itu.

Mungkin secara bahasa anda belum tentu paham, karena itu berikut ini video yang dapat membantu anda agar lebih paham.


Apa sih Manfaat dari Energi Ombak


Sudah tahu kan prinsip kerjanya, terus apasih manfaatnya? Manfaat energi ombak tentu saja banyak dong seperti:
  1. Menghasilkan listrik
  2. Mengatasi ketergantungan akan energi fosil
  3. Lapangan Pekerjaan

0 Response to "Pengertian dan Cara Kerja Energi Gelombang Laut (Energi Ombak)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel