Perbedaan LPG, LNG dan CNG yang Jarang Orang Tahu

LPG, LNG dan CNG merupakan gas alam yang berasal dari dalam bumi, atau bagi orang perminyakan adalah reservoir.

Meskipun memiliki akhiran yang sama pada namanya yaitu gas, tapi sebenarnya LPG, LNG dan CNG memiliki perbedaan.

Pada umumnya jarang yang tahu tentang perbedaan antara LPG dan LNG, apalagi dengan CNG yang sepertinya lebih jarang lagi ada yang tahu. Karena CNG biasanya jarang terdengar oleh banyak orang. Yang paling sering didengar atau banyak yang tahu yaitu LPG, yup! sipenyelamat kita dalam dapur ketika memasak.

Meskipun begitu, ada perbedaan yang sangat terlihat anatar ketiga jenis gas tersebut.

Perbedaan LPG, LNG Dan CNG Yang Jarang Orang Tahu


LPG (Liquefied Petroleum Gas)

Liquefied Petroleum Gas atau LPG (juga disebut Autogas) terutama terdiri dari propana, propilena, butana, dan butilena dalam berbagai campuran. Ini dihasilkan sebagai produk sampingan dari pemrosesan gas alam dan penyulingan minyak bumi. Komponen-komponen LPG adalah gas pada suhu dan tekanan normal.

Salah satu tantangan dengan LPG adalah dapat bervariasi dalam komposisi, yang mengarah ke performa mesin yang bervariasi dan kinerja awal yang dingin. Pada suhu dan tekanan normal, LPG akan menguap. Karena itu, LPG disimpan dalam botol baja bertekanan.

Tidak seperti gas alam, LPG lebih berat daripada udara, dan dengan demikian akan mengalir di sepanjang lantai dan cenderung mengendap di titik-titik rendah, seperti ruang bawah tanah. Akumulasi tersebut dapat menyebabkan bahaya ledakan, dan merupakan alasan bahwa kendaraan berbahan bakar LPG dilarang dari parkade dalam ruangan di banyak yurisdiksi.

LNG (Liquefied Natural Gas)

Liquefied Natural Gas atau LNG adalah gas alam yang disimpan sebagai cairan super-cooled (cryogenic). Suhu yang diperlukan untuk mengembun gas alam tergantung pada komposisi yang tepat, tetapi biasanya antara -120 dan -170 ° C (-184 dan -274 ° F). Keuntungan dari LNG adalah bahwa ia menawarkan kerapatan energi yang sebanding dengan bahan bakar bensin dan solar, memperluas jangkauan dan mengurangi frekuensi pengisian bahan bakar.

Kerugiannya, bagaimanapun, adalah tingginya biaya penyimpanan kriogenik pada kendaraan dan kebutuhan infrastruktur utama dari stasiun pengisian LNG, pabrik produksi dan fasilitas transportasi. LNG telah mulai menemukan tempatnya dalam aplikasi tugas berat di tempat-tempat seperti AS, Jepang, Inggris dan beberapa negara di Eropa. Bagi banyak negara berkembang, ini bukan pilihan praktis.

CNG (Compressed Natural Gas)

Compressed Natural Gas atau CNG disimpan di kendaraan dalam tangki bertekanan tinggi - 20 hingga 25 MPa (200 hingga 250 bar, atau 3.000 hingga 3.600 psi). Gas alam sebagian besar terdiri dari metana dan diambil dari sumur gas atau bersama dengan produksi minyak mentah. Seperti yang dikirimkan melalui sistem pipa, juga mengandung hidrokarbon seperti etana dan propana serta gas lainnya seperti nitrogen, helium, karbon dioksida, senyawa sulfur, dan uap air.

Bau berbasis sulfur biasanya ditambahkan ke CNG untuk memfasilitasi deteksi kebocoran. Gas alam lebih ringan dari udara dan dengan demikian biasanya akan hilang dalam kasus kebocoran, memberikannya keuntungan keamanan yang signifikan atas bensin atau LPG.

Semoga artikel diatas bermanfaat ya, jika merasa ada kesalahan atau ingin melihat artikel orisinilnya bisa mengunjungi link yang dicantumkan dibawah ini.

Sources and thanks to: afsglobal.com

0 Response to "Perbedaan LPG, LNG dan CNG yang Jarang Orang Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel